Senin, 19 Agustus 2019

Topologi Jaringan

Pengertian Topologi Jaringan Menurut Para Ahli


1. Zymon Machajewski

Menurut Zymon Machajewski pengertian topologi jaringan adalah seperangkat komputer yang saling terhubung secara bersamaan satu dengan lainnya dengan tujuan utama, yakni untuk saling berbagi sumberdaya. Internet adalah salah satu sumberdaya yang saat ini banyak digunakan di dalam suatu jaringan komputer.

2. Jafar Noor Yudianto

Menurut Jafar Noor Yudianto pengertian topologi jaringan adalah suatu sistem yang terdiri atas sebuah beberapa komputer yang didesain untuk bisa saling berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi (peramban web).

3. Umi Proboyekti

Menurut Umi Proboyekti pengertian topologi jaringan adalah suatu sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melakukan tugasnya. Contoh, dua buah komputer dapat dikatakan terhubung jika keduanya bisa saling bertukar informasi. Bentuk koneksi tersebut bisa melalui: kawat tembaga, fiber optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.

4. Abdul Kadil

Menurut Abdul Kadil pengertian topologi jaringan adalah suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data.

5. Izaas El Said

Menurut Izaas El Said definisi topologi jaringan komputer adalah sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, agar bisa saling berbagi informasi dan juga sumber daya yang dimilikinya.

6. Budhi Irawan

Menurut Budhi Irawan pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

7. Kristanto

Menurut Kristanto pengertian topologi jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan memakai satu protokol komunikasi sehingga semua komputer yang saling terhubung tersebut bisa berbagi informasi, program, sumber daya dan juga bisa saling menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, misalnya printer, harddisk, lain-lain.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer


1. Topologi Ring

Topologi ring atau sering disebut dengan topologi cincin merupakan suatu topologi jaringan yang dipakai untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar seperti cincin. Jenis topologi jaringan ini umumnya hanya menggunakan LAN card agar masing-masing komputer terkoneksi.

Kelebihan Topologi Ring

  • Biaya untuk instalasinya murah
  • Performa koneksi cukup baik
  • Proses instalasi dan konfigurasi cukup mudah
  • Implementasinya mudah dilakukan

Kekurangan Topologi Ring

  • Jika terjadi masalah, troubleshooting jaringan ini terhitung rumit
  • Pada jaringan ini tabrakan arus data sangat rentan terjadi
  • Koneksi pada jaringan akan terputus jika salah satu koneksi bermasalah

2. Topologi Bus

Topologi bus adalah topologi jaringan yang lebih sederhana. Pada umumnya topologi jaringan ini dilakukan pada installasi jaringan berbasi kabel coaxial.
Topologi bus memakai kabel coaxial pada sepanjang node client dan konektor. Jenis konektor yang digunakan adalah BNC, Terminator, dan TBNC.

Kelebihan Topologi Bus

  • Kemudahan dalam penambahan client atau workstation baru
  • Mudah digunakan dan sangat sederhana
  • Biaya instalasi murah karena kabel yang digunakan sedikit

Kekurangan Topologi Bus

  • Sering terjadi tabrakan arus data
  • Proses pengiriman dan penerimaan data kurang efisien
  • Topologi bus yang lama sulit untuk dikembangkan
  • Jika ada masalah pada kabel, misalnya terputus, maka komputer workstation akan terganggu.

3. Topologi Star

Topologi star atau disebut juga dengna topologi bintang adalah topologi jaringan berbentuk bintang dimana pada umumnya memakai hub atau switch untuk koneksi antar client. Topologi jaringan komputer ini paling sering digunakan saat ini karena memiliki banyak kelebihan.

GambarTopologi Star

Kelebihan Topologi Star

Jaringan topologi ini tetap berjalan baik walaupun salah satu komputer client bermasalahTingkat keamanan data pada topologi ini cukup baikUser lebih mudah mendeteksi masalah pada jaringanLebih fleksibel

Kekurangan Topologi Star

Topologi ini terhitung mahal karena menggunakan cukup banyak kabelSeluruh komputer dalam jaringan ini akan bermasalah jika hub atau switch mengalami masalahTopologi star sangat tergantung pada terminal pusat.

Baca juga: Pengertian Topologi Star

4. Topologi Mesh

Topologi mesh adalah sebuah topologi yang bisa digunakan untuk rute yang banyak. Jaringan pada topologi ini menggunakan kabel tunggal sehingga proses pengiriman data menjadi lebih cepat tanpa melalui hub atau switch.

Gambar Topologi Mesh

Kelebihan Topologi Mesh

Bandwidth limit nya cukup besarSecurity data pada topologi ini sangat baikTidak terjadi tabrakan arus data karena jalur pengiriman data sangat banyak

Kekurangan Topologi Mesh

Kabel yang dibutuhkan jumlahnya banyakBiaya installasi topologi mesh sangat mahal karena menggunakan banyak kabelInstallasinya sangat rumit

Baca juga: Pengertian Topologi Mesh

5. Topologi Tree

Topologi tree atau topologi pohon adalah hasil penggabungan dari topologi bus dan topologi star. Topologi tree pada umumnya dipakai untuk interkoneksi antara hirarki dengan pusat yang berbeda-beda.

Gambar Topologi Tree

Kelebihan Topologi Tree

Dapat dan mudah dikembangkan menjadi topologi jaringan yang lebih luasSusunan topologi ini terpusat secara hirarki sehingga pengaturan data menjadi lebih mudah

Kekurangan Topologi Tree

Topologi tree memiliki kinerja jaringan yang lambatPenggunaan kabel yang sangat banyak sehingga biaya installasinya mahalKabel backbone merupakan sentral dari topologi iniBila komputer bagian atas bermasalah, maka komputer bagian bawah juga akan bermasalah

Baca juga: Pengertian Topologi Tree

6. Topologi Peer to Peer

Topologi peer to peer adalah topologi jaringan yang sangat sederhana karena hanya menghubungkan 2 komputer. Pada umumnya topologi peer to peer memakai satu kabel saja untuk menghubungkan kedua komputer agar bisa saling berbagai data.

Gambar Topologi Peer to Peer

Kelebihan Topologi Peer to Peer

Biaya installasi sangat murahProses installasi mudahSetiap komputer dapat berperan sebagai server atau client

Kekurangan Topologi Peer to Peer

Topologi ini sangat sulit dikembangkanSecurity dalam topologi ini sering bermasalahProses troubleshooting termasuk rumit

Baca juga: Pengertian Topologi Peer to Peer

7. Topologi Linier

Topologi linier atau sering disebut dengan topologi bus berurut. Topologi ini umumnya hanya memakai satu kabel utama sebagai konektor masing-masing titik sambungan pada setiap komputer.

Gambar Topologi Linier

Kelebihan Topologi Linier

Mudah dikembangkanPenggunaan kabel sedikitTata letak topologi linier sederhana dan mudahTopologi ini tidak membutuhkan kendali sentral

Kekurangan Topologi Liner

Kepadatan trafik data cukup tinggiSecurity data tidak terjamin

Baca juga: Pengertian Topologi Linier

8. Topologi Hybrid

Topologi Hybrid adalah gabungan dari beberapa topologi yang berbeda dan membentu jaringan baru. Dengan kata lain, jika ada dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung dalam satu jaringan maka topologi jaringan tersebut akan membentuk topologi hybrid.

Gambar Topologi Hybrid

Kelebihan Topologi Hybrid

Topologi ini sifatnya fleksibelPenambahan koneksi lain pada topologi ini menjadi sangat mudah

Kekurangan Topologi Hybrid

Proses installasi dan pengaturannya cukup rumitManajemen pada topologi hybrid sangat sulit dilakukanBiaya untuk membuat topologi ini cukup mahal















Tidak ada komentar:

Posting Komentar